Rabu, 30 Januari 2013

Raja Meureuhom Daya Ucapkan Selamat Kepada Reje Linge XX

Media Online Lintas Gayo
|
Iklil Ilyas Leube. (foto : Fauzi Ramadhan)
Iklil Ilyas Leube. (foto : Fauzi Ramadhan)

Banda Aceh | Lintas Gayo - Seorang raja di Aceh, Raja Meureuhom Daya dari Kabupaten Aceh Jaya, Raja Saifullah, melalui Lintas Gayo, Rabu (30/01/2013) malam mengucapkan selamat atas penaubatan pemangku Reje (Raja) Linge ke XX Tgk. Iklil Ilyas Leube yang berlangsung Senin 28 Januari 2013 lalu di Buntul Linge Aceh Tengah.

“Selamat atas penaubatan yang mulia Reje Tgk. Iklil Ilyas Leube sebagai Reje Linge ke-20,” kata Raja Saifullah yang mengaku sejak lama melakukan penlusuran terhadap siapa keturunan raja-raja di Aceh.
Atas penaubatan Reje Linge XX tersebut, dirinya berharap bisa memperkuat Pemerintahan Aceh dan keberadaan Wali Nanggroe.

Selanjutnya Raja Saifullah meminta Pemerintah Aceh memfasilitasi keturunan raja-raja di Aceh yang pernah memimpin di Aceh.

“Keturunan raja-raja Aceh banyak dimiskinkan oleh perang dan konflik. Mereka adalah keturunan pejuang yang seharusnya dihargai,” kata Raja Saifullah.

Dia mengajak menyebut Reje Linge dan raja-raja lainnya didahului dengan kalimat “yang mulia”. Alasannya, karena menyebut yang mulia berarti menyampaikan do’a kepada Yang Maha Kuasa agar diberi kemulian terhadap sosok raja.

“Mari membiasakan diri menyebut atau memanggil raja-raja kita dengan yang mulia, karena itu do’a,” ajak Raja Saifullah yang kedengarannya sangat berhati-hati mengeluarkan pernyataan.

Dia juga mengakui jika sebagian besar raja-raja di Aceh berasal dari kerajaan Linge, termasuk Meureuhom Daya. (LG003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar