Selasa, 19 Februari 2013

Wah, Museum Sejarah di Pase Bakal Selesai

THE GLOBE JOURNAL
Chairul Sya'ban | The Globe Journal
Sabtu, 16 Februari 2013 12:40 WIB
 
Dok : google.comIlustrasi
 
Aceh Utara - Pembangunan Museum sejarah di Wilayah Pase, Aceh Utara kian rampung. Gedung yang menelan biaya miliaran rupiah itu diharapkan bisa menjadi wahana penyelamatan bukti-bukti sejarah Aceh. Ir. Nurliana NA, selaku Kabid Kebudayaan dan Pariwisata Dinas Perhubungan Aceh Utara, kepada The Globe Journal membenarkan hal tersebut.

Katanya, museum yang dimaksud telah rampung proses pengerjaannya untuk tahap pertama, dan menghabiskan anggaran 9 Milyar dari APBN Perubahan 2012. “Ya museum itu akan kita manfaatkan bersama, agar situs-situs peninggalan sejarah kerajaan di Aceh tidak terlupakan,” jelas Nurliana, Sabtu (16/02/2013).

Katanya lagi, untuk tahap kedua akan dilanjutkan tahun ini juga. Menyusul ke tahun 2014 dan 2015 sambil menunggu anggaran yang sedang diusulkan. “Kita sedang usulkan anggaran untuk pembangunan tahap selanjutnya, dan akan menghabiskan anggaran sekitar 45 Milyar. Disitu nantinya akan kita adakan juga pendidikan sejarah bagi siapa yang mau,” pungkasnya lagi.

Sementara itu, Direktur PT Perdana, T. Maimun, selaku rekanan proyek pembangunan museum mengatakan, proyek yang dilakukannya merupakan bangunan dua lantai dengan tugu sepanjang tiga meter di tengah-tengah museum. “Alhamdulilah untuk tahap pertama sudah selesai kita kerjakan pembangunannya, dan akan kita lanjutkan kembali setelah ada anggaran lagi,” kata Maimun. [005]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar